Liburan menyenangkan di jogja dari candi, gua, sampai ke pantai

Liburan singkat ini berlangsung mendadak tanpa direncanakan sebelumnya. Aku bersama 3 orang teman yaitu Freddy, Michael, dan Albert langsung saja membeli tiket kereta api kelas bisnis Senja Utama jurusan Jakarta-Jogja di Stasiun Pasar Senen Jakarta.

metal!!

tiket senja utama jakarta ke jogja

Oh ya, karena pertama kali beli tiket, jadi gak tau caranya, berpikir jadi sebelum kita beli, kita wajib mengisi formulir pembelian tiket. Di dalam form itu ada jadwal keberangkatan, jumlah tiket yang dibeli, dan sebagainya. Setelah itu wajib mengantri yang cukup panjang tertawa. Kereta senja utama ini akan memakan waktu perjalanan kurang lebih 9 jam 30 menit ke jogja! Waduh… bakal bosen nih…konyol

TiketKA4.jpg (640×442)

Karena kami membeli masih siang sekitar jam 2, sedangkan kereta berangkat pukul 19.30, jadi kami “mondok” dulu di dunkin donut dekat stasiun menjulurkan lidah. Awal mula pesan dikit lalu duduk selama 2 jam tertawa. Setelah jam 4, beli lagi donat dan duduk lagi sampai jam 6an menjulurkan lidah wkk berharap orangnya gak marah…

mondok di dunkin sebelum kereta datang

mondok di dunkin sebelum kereta datang. Freddy and Michael

Akhirnya tiba pukul 19.30, kereta senja utama jogja datang cukup ontime, 5 menit sebelum dijadwalkan sudah hadir di jalur 3 stasiun pasar senen. keren Langsung saja naik dan kami memutar kursi jadi berhadapan…

kereta bisnis lumayan bagus

kereta bisnis lumayan bagus tapi tanpa AC dan kursi masih gabungan

disela kebosanan kereta

disela kebosanan kereta setelah 4 jam jalan… (Pukul 23 an)

terlihat banyak "walker"

terlihat banyak “walker” (seperti film walking dead)

walker di walking dead

Ada pengalaman menarik selama naik kereta senja utama ini. Keretanya sering berhenti, banyak faktor, yang pasti sih berhenti di stasiun kecil, dan yang lainnya nunggu kereta lain lewat… Tapi ada hal yang aneh pada pukul 23.30an berpikir. Sampai pukul 01.30 kereta belum jalan juga! Gak biasanya berhenti sampai sejam gitu… Ternyata oh ternyata…. Salah satu penumpang setelah komplain mendapat laporan dari stasiun terdekat tempat kereta kami “nge-jam”. Laporannya adalah : Kereta yang berada pada jalur yang sama, beberapa stasiun setelah kami yaitu di stasiun Bumi Ayu mengalami anjlok! ketakutan

posisi sekarang di stasiun ketanggungan (label hijau K), kereta anjlok di bumiayu (label biru B)

Kereta yang anjlok juga ternyata senja utama tapi dari jogja ke jakarta…

Akhirnya kereta ngaret dari pukul 23.30 sampai 04.50an tidak mau lihat berarti sekitar 5 jam lebih ngaret! Kereta baru jalan pukul 5 pagi… Jogja oh jogja… akhirnya berhasil kami capai pukul 12 siang… langsung saja kami naik taksi ke hotel pilihan kami ketika browsing… yaitu Hotel Puspita. Karena ber 4 jadi kami memilih taksi dan memukul rata 20 ribu dari stasiun tugu ke hotel. berpikir Kami ingin have fun di liburan ini, jadi bukan ala backpacker tersenyum lebar

Hotel Puspita berdasar website yogyes, termasuk hotel rekomendasi dari segi biaya dan letaknya. http://www.yogyes.com/id/yogyakarta-hotel/cheap/hotel-puspita/. Hotel ini berada dekat alun-alun selatan jogja, jadi ketika sampai, malamnya kami jalan kaki ke keraton tersenyum lebar. Kata orang situ jauh lho jalan kaki feeling beat up tapi kami berempat gak terasa soalnya lebih dekat sih jalan ke situ dari pada sehari-hari di jakarta tersenyum lebar

pekarangan hotel puspita jogja

Kami langsung mengambil kamar ukuran :

Family Room Rp. 225.000 5 persons, AC, TV

kamar kami

Langsung saja kami menanyakan cara ke candi-candian di jogja kepada pengurus hotel. Orangnya ramah kok. Emank ada bus sih, tapi dia merekomendasikan supaya gak makan waktu, lebih baik sewa mobil avanza aja. Dari kenalan agen sewa mobilnya memberi biaya 12 jam – 350 ribu. Setelah diskusi, kami berempat setuju berhubung gak berat karena di bagi 4. Mobil tersebut bisa menampung hingga 7 orang jika ingin lebih murah menjulurkan lidah.

Liburan ini berlangsung 4 hari di jogja.

Hari ke-1

Kereta tiba di jogja pukul 12 siang dan langsung check-in di hotel puspita. Kami beristirahat sampai pukul 4 sore dan berencana mencari makan dekat alun-alun selatan jogja menjulurkan lidah Ketemulah makanan murah meriah tapi rasanya gak murahan tersenyum lebar. Yaitu bakmi goyang lidah! Lokasinya dekat dengan beringin kembar di alun-alun, sebagai berikut :

H adalah hotel, B adalah bakmi

kuahnya enak kok!

Malamnya kami pergi makan di rumah makan chinese. Cuma pesan makanan biasa, nasi goreng doang. Harganya 18 ribu, minumnya jeruk hangat 3 ribu. Nasi goreng di sini warnanya merah feeling beat up haha kurang terbiasa aja pake saos gitu… Untuk rasa biasa saja 7/10

nasi goreng magelangan

Setelah itu kami pergi ke alun-alun selatan yang dekat dengan hotel (jalan 10 menit). Hari minggu sih, jadinya ramai. Tapi sayangnya hujan, tapi gak lebat kok cuma gerimis. Banyak sepeda berlampu haha… Lagu yang diputar pun modern, aku lewat dengarnya SNSD – Gee haha

sepeda berlampu di alun jogja

Kami mampir di warung-warung kecil di alun-alun. Bahasa orang jogjanya angkringan. Banyak dijual di sini, dari roti bakar hingga nasi goreng. Kurang lebih seperti warung indomi tapi lebih lengkap. Aku pesan susu jahe dan roti bakar. Wah mantap, rasa susu jahe seperti rasa kuah tahwa (baca : tahwe)

tahwa

contoh tahwa (ambil dari google)

susu jahe gelas besar dan roti bakar, habis 6 ribu

Hari ke-2

Bangun pagi jam 6 karena akan dijemput avanza pukul 8. Sarapan dari hotel adalah nasi goreng mini tidak mau lihat. Oh ya tips untuk ke candi : PAKAI SUNBLOCK

Rute hari ini :  Borobudur-> Mendut -> Kaliurang-> Prambanan -> Jajan di Kota

Ke borobudur cukup memakan waktu karena sudah berada di provinsi jawa tengah. Jadi kami melewati perbatasan menuju magelang.

harga parkir mobil borobudur 5000

tiket masuk borobudur 30000

Oh ya, kali ini tiket masuk borobudur bukan lagi 25 ribu tapi sudah menjadi 30 ribu. Untuk masuk borobudur, kali ini kamera kami tidak dikenakan biaya tambahan. Aku gak tau kenapa tersenyum lebar atau mungkin karena kamera digital biasa, gak tau yah kalo DSLR… Setelah masuk, pihak pengurus borobudur akan meminta kita untuk memakai sarung batik, kata spanduk situ sih tulisnya sarungisasi borobudur mengedipkan mata… yah itung2 keren juga si hehe…

freddy, michael, aku, albert

borobudur paling the best

dilanjutkan mengunjungi candi mendut

pohon gede, tulisnya Dewata Tree, terletak dihalaman candi mendut

Dewata Tree

vihara mendut keren

isi dari candi mendut

isi dari candi mendut, Dhyani Buddha Vairocana

ngambil dari gambar wiki, Tiga arca di dalam candi Mendut, arca Dhyani Buddha Vairocana diapit Boddhisatva Avalokitesvara dan Vajrapani.

Setelah dari candi borobudur dan candi mendut, kami melanjutkan perjalanan ke kaliurang yang terletak di desa kinahrejo, kaki gunung merapi. Cuaca pada siang hari ini cukup mendukung karena cerah. Tapi sayangnya ketika sudah dikaki gunung, cuaca cukup buruk, awan mulai mendung pertanda hujan akan turun. Wajar sih karena emank pegunungan kata penduduk setempat sering hujan. sedih

Disini ada parkiran secukupnya, tidak luas tapi bisa menampung kurang lebih 30 mobil sekelas avanza. Mobil tidak bisa sampai puncak, jadi harus berhenti di sini dan dilanjutkan dengan kendaraan lain seperti motor trail, ojek, hingga jeep. Setiap kendaraan tersebut tentunya memiliki jarak jelajah di gunung merapi yang berbeda-beda.berpikir Untuk ojek dikenai biaya 20 ribu, motor trail 50 ribu, dan jeep 250 ribu per mobil. Jika ingin sampai rute terjauh dimana tempat makam mbah marijan, maka silakan memilih jeep sebagai transportasi terbaik dan memacu adrenalin.

Tidak banyak yang kami lakukan disini dikarenakan hujan lebat! Kami pun berteduh setengah jam dan bergegas kembali ke mobil, tidak sampai satu jam kami disini. Sangat disayangkan….menjulurkan lidah. Selepas dari kaliurang, kami menuju prambanan tersenyum lebar.

tiket 30 ribu dan parkiran mobil 5 ribu

Oh ya, sebelumnya di borobudur ketemu cewe jepang ! wkwk, nah di prambanan ketemu juga cewe jepang! wkwk

cewe jepang di borobudur copyright (c) by Michael Hansson

cewe jepang di prambanan, copyright (c) by Michael Hansson

Setelah berwisata ke candi, kami pergi ke tempat batik yang cukup terkenal, batik ini berkualitas sedang dan harganya menengah tersenyum lebar. Pengen sekali2 punya batik yang cukup bagus hehe…

Alamatnya ada di Batik Tirto Noto Jalan Kadipaten Kidul No. 65 Yogyakarta (0274 – 375723). Menjual dari harga 100ribu sampai sejuta ada sepertinya tersenyum lebar. Batik pria hingga wanita, sampai ada kaos batik yang berkualitas ada di sini.

Setelah berbelanja, kami diajak makan gudeg di daerah gudeg. Gudeg yang kami mampiri bernama gudeg Widodo, enak kok! hahaha jadi pengen cicip lagiii…ngiler

gudeg widodo, paket ini 18 ribu

gudeg widodo, paket ini 18 ribu, (ada telor, ayam paha, gudeg dan sambal dari jangek enak!)

Oh ya kalo di jakarta khasnya es teh, maka disini khasnya jeruk hangat! haha… Setelah pulang kami pun mandi dan istirahat untuk perjalanan hari ke-3 yaitu ke beberapa gua dan pantai di jogja.

Hari ke-3

Bangun pagi jam 6, karena akan dijemput pukul 07.30. Sarapan nasi goreng mini seperti biasanya tertawa. Rute hari ini gua dan pantai di kaki gunung kidul : Gua Pindul-> Pantai Baron -> Pantai Kukup ->Pantai Indrayanti. Tips untuk ke gua dan ke pantai : BELI SUNBLOCK!

Perjalanan ke gua pindul cukup lama sekitar 2 jam lebih. Gua pindul sendiri kalo gak salah di daerah beringharjo. Kata teman saya di jogja dan kata orang setempat, ini daerah wisata yang baru diresmikan sebagai objek wisata alam oleh almarhum Sumpeno Putro, Bupati Gunungkidul pada 4 Oktober 2010. Gua tersebut memiliki potensi yang sangat luar biasa ke depannya! keren

Meski gak pernah ke grand canyon di bandung, tapi desas desus, gua pindul jauh lebih bagus tersenyum lebar. Parkiran mobil kalo gak salah 3 ribu. Di sini ditawarkan 3 objek yaitu gua pindul, individual rafting di sungai oyo, dan caving di gua apa namanya lupa… Kami hanya mengambil paket rafting (30 ribu) dan gua pindul saja (45 ribu) = 75 ribu/ orang.tersenyum lebar

75rb, bukan 750rb (salah tulis)

kontak desa wisata bejiharjo gua pindul

desa wisata bejiharjo gua pindul (75 ribu)

Trip pertama langsung saja rafting. Setelah membayar, pihak panitia memberikan perlengkapan untuk rafting yang terdiri dari baju pelampung, sepatu karet dipinjamin, tapi kalau punya sepatu gunung gak wajib sepatu karet kok (si albert pake sepatu karet sampai lecet tumitnya tidak mau lihat soalnya nahan licin), dan ban karet (karena rafting individual, jd bukan seperti arung jeram).

Tips disini :
- Semua barang berharga masuk tas 1 orang aja, lalu taro di mobil sewaan kita (lebih bagus lagi di gembok atau kunci).
- Karena aku, freddy, michael bawa kamera, jadi panitia memberi plastik seperti bungkus makanan tertawa. Yah sebenarnya kurang layak si tapi jadilah… Katanya si arusnya cukup deras ditengah perjalanan, jadinya kamera wajib dijaga  apa lagi yang bukan tahan air.
- 1 kamera bisa dipinjamin ke petugas yang membimbing kita. Karena kami 4 orang, jadi petugasnya ada 2 orang. Tenang aja, petugasnya uda professional kok. Katanya dia pernah rafting gitu sambilan bawa DSLR dan hasilnya bagus keren. Jadi aku percayakan kamera aku sama si mas petugas. Freddy dan michael bawa sendiri.
- bawa baju ganti dari CD sampai baju dan celana, ada kamar mandi kok (gratis)

lokasi wisata gua pindul

lokasi wisata gua pindul. Dewa Bejo (Desa Wisata Bejiharjo)

paket di desa wisata gua pindul

2 orang petugas (helm biru dan baju hijau)

sebelum turun ke sungai oyo

aduh aku lupa namanya yang kiri, semuanya uda pro kok! yang kanan (Mas Adi) yang bakal pegang kamera aku :)

Karena cukup curam dari darat turun menuju sungai, si michael sempat terpeleset karena gak mau pake sepatu karet dari panitia. Dia masih bertahan sendalnya. Hal ini membuat kamera (Camdig Casio) nya kena lumpur tidak mau lihat. Tapi kamera aku aman kok, dijaga orang yang tepat keren.

kami saling berpegangan

kami wajib berpegangan

best spot di sungai oyo

ah mantap! sayangnya katanya hari ini airnya jelek karena hujan

Setelah rafting di sungai oyo, kami melanjutkan (tanpa istirahat) untuk cave-tubing di gua pindul. Disini tidak ada arus, jadi kamera biasa bawa sendiri. Petugasnya pun uda berbeda. keren Lebih senior… Di dalam gua pindul ini dibagi menjadi area terang, remang-remang dan gelap abadi tidak mau lihat seremmmm…. Untuk foto kami memakai flash terus… Petugasnya enak kok menjelaskannya… Banyak stalagtit dan stalagmit

mas gua pindul pertama banyak memberi informasi

Serem euy banyak stalaktit raksasa tidak mau lihat jadi merinding masuknya… asli serem! Apa lagi daerah gelap, untuk ada senter di kepala petugasnya… kita ikut arus santai tiba-tiba di depan mata uda stalagmit yang menjolor ke atas!!! aduh hampir numbur… kek monster tidak mau lihat wkwk mengerikannnn tapi asik…

best spot di gua pindul

Setelah dari gua pindul, kami pulang dan mampir makan di daerah wonosari. Yaitu bakmi jawa! Wah enak banget! hahaha… warung bakmi haha…

kota wonosari

9 ribu semangkok dan (lagi-lagi) jeruk hangat

bakmi jawa 9 ribu dan jeruk hangat

Kami melanjutkan perjalanan, jam menunjukkan pukul 1 siang. Tujuannya adalah pantai baron! perjalanan dari gua pindul ke pantai baron kurang lebih 40 menit. Biaya parkir mobil di sini adalah 5ribu. Kamar mandi BAYAR – mandi 2 ribu. Pantai baron sayangnya kurang bagus, airnya juga keruh. Tapi viewnya bagus. Arus deras, tidak cocok untuk main air. Di pantai ini kami bermain kurang lebih sejam saja.

Tips di sini : gak usah main air, main pasir boleh menjulurkan lidah, sayang baju… untuk ke pantai lain saja simpan bajunya. Kalau uda terlanjur, simpan baju basah masuk plastik, nanti di pantai lain pakai baju yang basah tadi lagi untuk main air.

pantai baron di jogja

Wisata selanjutnya adalah pantai kukup. Wah viewnya sangat bagus! Pasirnya putih dan airnya bersihhh!!! hahaha… Tapi…. tidak cocok untuk main air, karena banyak karang. Aku lihat si daerah ini banyak budidaya rumput laut. Banyak kulit kerang-kerangan, jadi aku ambil untuk kenang-kenangan menjulurkan lidah. Biaya parkir : 5 ribu.

Pantai ini cukup ramai karena emang pasir dan viewnya bagus. Ada pondokan seperti di pura tanah lot bali menjulurkan lidah. Oh ya, jalan aja ke ujung kanan, ada batu tebing rendah yang cukup bagus kok, disana biasa orang meneduh (cocok dijadikan spot untuk foto prewedding)

pantai kukup

spot foto di ujung pantai kukup

di atas pondokan pantai kukup

Kami cukup lama bermain di sini, kurang lebih hampir 2 jam. Karena panas, wajib memakai Sun Block! Kami juga membeli kelapa muda dari penjual setempat. Tawar aja kalo banyak 1 buah 5 ribu dapat kok. Di sini kami gak main air karena emank sebagian besar karang dan hewan laut yang beracun (menurut spanduknya)

Setelah capek menyerahkamipun bergegas ke mobil. Gak tau berapa biaya kamar mandi karena gak pakai. Harusnya kami dijadwalkan ke “pantai panjang”. Tapi karena sudah hampir pukul 4 sore, kami pun langsung menuju pantai akhir bernama Pantai Indrayanti. Letak dari semua pantai tersebut tidak jauh, kurang lebih 15 menit naik mobil.

Setelah sampai di pantai indrayanti, wah ramai banget parkiran haha…. banyak pondokan jualan, cafe, rumah makan dan sebagainya. Wah kesan pantai sepertinya bagus ini… tersenyum lebar Parkiran 5 ribu seperti biasa. Setelah masuk, wah wah wah bagusss hahaha pantai yang sangat bagus jatuh cintajatuh cinta. Ombaknya yang pas, air bersih, pasir putih, dan tebing karang mempercantik view pantai! Aku rasa jauh lebih bagus daripada parangtritis. Meski ramai, tapi pantai tersebut tidak lah padat seperti parangtritis.

Aku bergegas langsung ganti bajuuuuu hahaha… pengen main air, semua juga ganti baju. Gak bisa dibilang dengan kata-kata. Biar foto yang berbicara keren. Kata orang si pantai indrayanti ini mirip dengan pantai kuta di bali (padahal blm pernah pergi)

pantai indrayanti jogja

berpose di pantai indrayanti

ombak bagus di pantai indrayanti

area kanan di pantai indrayanti

riang gembira menghilangkan stres di pantai haha

3 idiots haha, photo (c) by albert

3 idiots juga with albert

meniru adegan action di pantai indrayanti

panorama pantai indrayanti

sunset di pantai indrayanti

uda puas kurang lebih 2 jam lebih, kami bergegas pulang

Setelah pulang, semua pada tepar. Kulit pada gosong padahal sudah pakai sunblock cukup banyak. Malamnya kami cari makan di bakmi pak rebo daerah brigjen katamso. Ramai! mengedipkan mata Bakmi jawa ini dimasak dengan arang, nunggunya cukup lama. Minumnya jeruk hangat seperti biasa. Harga bakmi + jeruk hangat 19 ribu.

bakmi pak rebo

bakmi jawa pak rebo, tampilan tidak meyakinkan tapi rasanya super!

Hal yang menarik di sini adalah ada pengamen yang selalu duduk dan memainkan lagu. Tidak seperti pengamen di jakarta tegak main gitar, lalu gak pergi kalau gak kasi uang. Mungkin karena pengamen ini orang tetap di bakmi ini, jatuh cintajadinya duduk main lagu terus. Dari kami datang sampai pergi kurang lebih ada belasan lagu dimainkan. Suaranya bagussss!! merdu haha… cocok dan sangat cocok untuk indonesian idol! haha… tapi umurnya mungkin sudah 40an jadi gak bisa lolos… jatuh cinta

Gini nih baru namanya pengamen jogja. Suara bagus, gak memaksa, rezeki mengalir terus. Karena uang kembalian sisa seribu, jadinya disumbangin aja ke kotak pengamen. Dia layak mendapatkan dari setiap pengunjung.

Hari ke-3

Kami harusnya melanjutkan perjalanan ke dataran tinggi dieng. Tapi berhubung semua sudah pada capek, jadinya gak melanjutkan. Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan belanja di malioboro dan cari bakpia 25 menjulurkan lidah. Kami memanggil taksi (karena berempat daripada becak mahal) habis 20ribu dari hotel (Jl. Mayjen Sutoyo) ke malioboro.

Sebelum kami ke bakpia, kami beli tiket kereta untuk pulang besok dulu. Malioboro kan dekat dengan stasiun tugu, jadinya langsung beli. Kalo beli bukan untuk hari H, harus di pintu selatan… Atau langsung saja booking tiket kereta di sini (http://www.tiket.com/kereta-api/stasiun-kai-tugu-yogyakarta-YK)

stasiun tugu jogja

Cuma bakpia 25 yang mempunyai pabrik di jogja. Pabrik tersebut tidak jauh dari malioboro. Tukang becak menawarkan 5 ribu untuk mengantarkan ke daerah Pathuk (daerah bakpia). Mengapa bakpia jogja bernomor? Konon katanya nomor tersebut adalah nomor rumah…berpikir saya sendiri gak pasti…

Tapi kami memilih jalan kaki dari malioboro ke pabrik bakpia 25. Berikut lokasi malioboro dan pabrik bakpia 25. Rute tersebut hanya bisa untuk jalan kaki karena 1 arah doank. Jalan kaki cukup lama kurang lebih 15 menit feeling beat up.

Oh ya ada hal menarik di pabrik bakpia 25 ini. Kalau pembeli datang tanpa becak akan dikenai diskon 3 ribu untuk 1 kotak bakpia ukuran apapun. Terbiasa jalan jauh sih, sampai pas orangnya tanya dari mana? kami bilang dari malioboro jalan kaki feeling beat up wkwk berguling di lantai ya lah, jogja segitu mungkin sudah jauh, maklum sekitar 2 km ada…

rute malioboro ke bakpia 25

pabrik bakpia pathok 25 by freddy djohandy

Harga bakpia yang aku beli :

Malamnya kami makan di bakmi jawa (lagi) tapi dekat dengan hotel kok… untuk rasa mirip dengan bakmi pak rebo tapi pak rebo lebih enak karena masak dengan arang, lebih kerasa klasiknya… minumnya seperti biasa jeruk hangat menjulurkan lidah

bakmi jawa dekat hotel

capcay makanan albert

Hari ke-4

Tanpa basa basi, kereta kami pukul 10 pagi yaitu Taksaka Pagi – eksekutif akan datang. Kamipun sarapan nasi goreng mini lagi berguling di lantai. Gak tau mau makan siang apa di kereta, jadinya kami beli burger di stasiun untuk makan siang. Soalnya sampainya sore kok… gak malam seperti jakarta ke jogja pas perginya menjulurkan lidah

albert and me

michael and freddy

Sekian dulu liburan kali ini, meskipun singkat tapi menyenangkan. Karena besoknya aku harus balik jambi lagi (sudah beli tiket). Kami bukan liburan ala backpacker, yang penting happy! haha…tersenyum lebar

Perkiraan biaya transport (kereta, avanza, taxi) uda termasuk makan siang dan malam dan cemilan kira-kira seorang habis 1,2 juta rupiah. Harga tersebut tidak termasuk belanja misal seperti di malioboro…. Teman-teman jika kurang jelas silakan berkomentar di bawah ini…tersenyum lebar

Happy Holiday! Jogja never ending Asia!jogja-logo+end.jpg (496×234)

This entry was posted in Kegiatan and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

15 Responses to Liburan menyenangkan di jogja dari candi, gua, sampai ke pantai

1. Janson says:

Keren coy.. Terutama cewek Jepangnya :D

2. rio says:

asyik sih, tp abis berapa duit itu, keknya bnyak bngt yg harus dikeluarin, huhuhu.. btw, postnya bagus walaupun rada canggung penulisan bahasanya, antara mau yg penulisan bergaya resmi atau bergaya lo-gue. haha, tp infonya menarik :D

3. rini says:

duuuuuhhhh asyik, jadi pingin jalan2 jg . boleh mingta nomor telpon mobil sewaannya.
    makacih, email aku ya. sekali lagi TQ.

• jefriyanto says:

dear rini, saya lupa nomor hpnya, tp rata2 dapat ditanyakan ke tempat hotel menginap,
      biasanya mereka ada kenalan penyewaan mobil

kisaran harga yang wajar utk sewa mobil 12 jam adalah 350ribu paling mahal
      belum termasuk kuliner sopir (misal sopir ikut makan), pinter2 nego
      jadi dapat dipertimbangkan sendiri :)

4. kahfi says:

Parkiran mobil’y luas gk..?? Kha’y lbh asik n bebas bwa kendaraan sendiri deh..

• jefriyanto says:

area dimana? kebanyakan tempat parkir luas kok, dr candi hingga pantai :) cuma jgn cari tempat yg sepi, kl bs cari yg cukup rame n ada tukang parkirnya

5. Adeputri says:

thanks yah infonya, jalan ceritanya bagus, liburannya juga menyenangkan, bisa di jadiin referensi k jogja…hehe,,,,, salam kenal…..sy dari kalteng :)

6. gita says:

catatan perjalanan yang menarik #jempol
    terima kasih … bisa buat referensi ke jogja nih ^^

7. sashiamisha says:

untuk jalan ke wisata gunung pindul dan pantai2 di sekitarnya apa bisa dilewati dengan bus pariwisata? Thx

• jefriyanto says:

bisa, karena jalan lintasnya cukup lebar, parkiran di pantai-pantai gunung kidul dan desa bejiharjo juga cukup luas

8. raftingbandung says:

Wuih mantap tuh gan..jalan-jalan nya jadi pengen kesana sama seperti agan.
    Makasih infonya ya sangat bermanfaat sekali